Diberdayakan oleh Blogger.

FAKTA SAMPAH DI JAKARTA

Saat ini sampah telah menjadi masalah serius dan pelik terutama bagi yang tinggal di perkotaan. Produksi sampah di Jakarta berkisar antara 5.300 - 5.400 ton/hari. Namun pada musim hujan, volume sampah meningkat hingga mencapai 6.100 ton/hari. Sehingga banyak sampah yang belum terangkat dan tempat pembuangan sampah di Bantar Gebang tidak mencukupi untuk menerima tampungan sampah. Hal tersebut sulit tertangani jika hanya mengandalkan cara pengelolaan sampah konvensional. Karena itu, semua pihak perlu menyadari akan pentingnya peduli terhadap sampah.
Armada pengangkut sampah yang layak operasi berjumlah 733 unit, tidak layak pakai 280 unit, dan layak operasi 453 unit. Untuk mengantisipasi penumpukkan antrian truk sampah, digunakan strategi mengoperasikan 4 zona pembuangan. Sebab jika hanya 1 zona yang dibuka, sampah tidak dapat tertampung.

Seberapa bahayanya dampak sampah terhadap kita?

Sobat Dalang, bicara tentang sampah pasti yang ada dibenak kalian adalah kotor, kumuh, dan menjijikan. Sampah memang masih menjadi salah satu masalah terbesar di Jakarta.  Hal tersebut sudah menjadi pemandangan yang biasa bahkan, bisa sampai membentuk gunungan sampah yang baunya sangat menyengat. Sampah yang kita hasilkan ternyata berdampak negatif. Berikut ini adalah dampak sampah terhadap manusia dan lingkungan :

  •  Dampak terhadap Kesehatan
Lokasi dan pengelolaan sampah yang kurang memadai (pembuangan sampah yang tidak terkontrol) merupakan tempat yang cocok bagi beberapa organisme dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan anjing yang dapat menjangkitkan penyakit. Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah terjangkitnya penyakit diare, kolera, tifus sehingga virus dapat menyebar dengan cepat.

  • Dampak terhadap ekonomi dan sosial

      Dampaknya akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat, bau yang tidak         sedap dan pemandangan yang buruk karena sampah bertebaran dimana-mana.

  • Mengakibatkan banjir
Membuang sampah sembarangan mengakibatkan  terjadinya penumpukan sampah di beberapa titik. Apabila terjadi hujan peresapan air tidak dapat menyerap dengan baik akibatnya, terjadi banjir dan akan memberikan dampak bagi fasilitas pelayanan umum seperti jalan, jembatan, drainase, dan lain-lain. 
Infrastruktur lain dapat juga dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang tidak memadai, seperti tingginya biaya yang diperlukan untuk pengolahan air. Jika sarana penampungan sampah kurang atau tidak efisien, orang akan cenderung membuang sampahnya di jalan.
Nah, sekarang udah tahu kan betapa bahayanya dampak sampah. Yuk, kita budayakan diri kita untuk peduli terhadap sampah dengan membuang sampah pada tempatnya J

Ingin hidup sehat bebas dari penyakit?
Kita hidup di bumi ini tidak lepas dari peran lingkungan yang kita tinggali. Lingkungan yang bersih dapat menghindarkan dari berbagai macam penyakit. Kebersihan lingkungan adalah keadaan dimana lingkungan tersebut bebas dari segala kotoran, seperti debu, sampah, serta ba dan pastinya setiap orang menginginkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Namun tidak banyak orang yang menyadari akan pentingnya lingkungan yang bersih bagi kehidupan sekarang maupun di masa mendatang. Terbukti masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan lingkungan di sekitarnya, salah satunya kebiasaan membuang sampah sembarangan.

Jika kebiasaan tersebut dibiarkan terus menerus, lingkungan akan menjadi semakin kotor dan rentan akan bibit penyakit. Tentunya kita tidak ingin penyakit tersebut menyerang kita dan orang-orang yang kita sayangi, bukan? Maka dari itu, Yuk kita biasakan tidak membuang sampah sembarangan lagi Sobat Dalang!


Share on Google Plus

About Jakarta Daur Ulang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Sobat Dalang, bicara tentang sampah pasti yang ada dibenak kalian adalah kotor, kumuh, dan menjijikan. Sampah memang masih menjadi salah satu masalah terbesar di Jakarta.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus
  2. menurutku cermati,pelajari dan laksanakan sesuai aturannya(uu n0 18 th 2008 utamanya psl 28 dan 29 huruf g)segala persoalan sampah teratasi tuntas dan tdk akan ada dampah pada lingkungan lain karena teratasi di tempat,teknologitpa.blogspot.com

    BalasHapus