Diberdayakan oleh Blogger.

Kunjungan Jakarta Dalang ke Bank Sampah

Sabtu, 16 Mei 2015 kemarin JKTDalang menuju tempat bank sampah yang ada dikawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Seperti biasa, setiap sabtu diminggu ketiga, diadakan transaksi bank sampah di Kantor RW setempat. Ibu Iin selaku wakil dari ibu-ibu pkk yang menekuni kerajinan dari sampah daur ulang. Beliau merupakan orang yang senang memanfaatkan barang-barang untuk dibuat kerajinan  tangan dan beliau juga mengajak tetangga disekitar rumahnya untuk lebih peduli terhadap dengan lingkungan. 

Pada awalnya, beliau mengalami kendala pada saat mengajak warga setempat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya sampah yang dihasilkan. Untuk meyakinkan warga setempat, Ibu Iin memutuskan untuk memulainya dari lingkungan rumahnya sendiri, setelah berhasil menerapkannya dan menguntungkan beliau mulai mensosialisasikan kepada warga setempat.


Setelah program tersebut  sukses disosialisasikan, beliau mengadakan lomba di setiap RW dengan membuat kreasi daur ulang. Dalam lingkungannya tersebut terdapat 12 RW yang mengikuti program  kebersihan tersebut. Kreasi daur ulang yang dihasilkan yaitu diantaranya, membuat payung, tempat pensil, tas, dompet, sandal, topi, shopping bag, cover book dll yang berbahan dasar dari sampah plastik. Sukses dengan programnya, beliau beserta ibu-ibu pkk setempat mulai memproduksi kreasi tersebuat berdasarkan pemesanan.  Pada tahun 2008, hasil daur ulang tersebut mengikuti lomba dan menjadi juara umum provinsi. Beliau juga rutin mengikuti berbagai macam event bazaar hal ini dilakukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa, sampah dapat menghasilkan uang apabila kita mau memanfaatkannya.

Share on Google Plus

About Jakarta Daur Ulang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: