Diberdayakan oleh Blogger.

Fakta Tentang Sampah Plastik di Indonesia

Taukah kamu ? saat ini plastik telah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi kehidupan manusia. Plastik telah menjadi salah satu komoditas yang paling banyak digunakan didunia. Plastik hampir selalu ada pada semua hal yang kita lakukan, mulai dari pakaian, makanan, dan teknologi. Pasalnya hampir semua kemasan dan tas terbuat dari plastik hingga botol minuman sekalipun. Apabila hal ini terus berlangsung secara lama, maka akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup manusia. Masalah utama yang berhubungan dengan plastik yaitu ketika kita membuangnya. olastik ini membutuhkan waktu yang sangat lama yakni sekitar 5 hingga 6 dekade untuk dapat terurai, bahkan bisa mencapai satu juta tahun.

Plastik dapat mengakibatkan dampak negatif loh Sobat Dalang. Berikut adalah fakta tentang plastik yang harus Sobat Dalang ketahui :

1.       Plastik terbuat dari minyak bumi. Dibutuhkan sekitar 17juta barel minyak bumi untuk memproduksi botol plastik dalam satu tahun. Jumlah tersebut sama dengan jumlah minyak bumi yang digunakan sebagai bahan bakar sebanyak 1 juta mobil.
2.    Berbeda dengan kayu atua kertas yang dapat dengan mudah diuraikan, plastik termasuk benda yang sulit diuraikan. Membutuhkan waktu 1000 tahun untuk menguraikan smapah plastik ditanah.
3.    Setiap tahunnya, sampah plastik membunuh 100.000 hewan laut dan 1 juta burung karena terlilit atau memakan sampah plastik.
4.    Setiap tahun, 300 juta ton plastik diproduksi dan akan menjadi sampah yang dapat mencemari lingkungan.
5.    Plastik mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak tanah dan air. Jika termakan oleh makhluk hidup, dapat menyebabkan gangguan kesehatan hingga kematian.
6.     Limbah daripembuatan plastik dapat mencemari lingkungan jika terkena atau terbawa air.
7.     Pembakaran plastik yang tidak sempurna dapat membentuk zat bernama dioksin, yang dapat menyebabkan kanker dan gangguan syaraf.
8.     Sampah plastik yang dibakar dapat melepaskan zat karsinogen diudara dan berbahaya jika kita menghirupnya.
9.     Setiap satu kantong plastik dapat menyebabkan polusi udara 544 gram.
10.   Sampah plastik juga menjadi penyebab banjir karena menyumbat aliran air.

       Untuk Sobat Dalang, biasakan agar  selalu membawa shopping bag untuk meminimalisir penggunaan kantog plastik. Jika terpaksa harus menggunakan plastik, gunakanlah plastik yang ramah lingkungan. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak semakin mencemari lingkungan J
Share on Google Plus

About Jakarta Daur Ulang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 comments:

  1. Solusi utk Indonesia: perbanyak pabrik pembuat tas belanja dri kertas & plastik ramah lingkungan

    BalasHapus
  2. LigaPoker Bandar Judi Online Terpercaya di Era Milenial #ligapoker #Ligapoker #Lpkiukiu #ligapkr #bandarQ #bandarjudionline #milenial #sakong #capsasusun #180.215.12.116

    BalasHapus